PgZhuOTHp685yKHnHOHOQD0YUgHZE6UURkNwvCQd
Bookmark

Apa Maksud dari Perencanaan Keuangan itu?

Apa Maksud dari Perencanaan Keuangan itu
Perencanaan Keuangan from market-watch.in

Pengertian Perencanaan Keuangan adalah

Yang dimaksud dari perencanaan keuangan adalah, bersumber pada Certified Financial Planner, Financial Planning Standards Board Indonesia, merupakan suatu proses yang dilakukan untuk meraih suatu tujuan hidup bagi pribadi atau keluarga dengan melalui prosedur pengelolaan keuangan yang diatur secara terencana.

Mengenai tujuan-tujuan hidup yang ingin diraih dengan jangka panjang oleh pribadi atau keluarga tersebut diantaranya yaitu dapat berupa: menikah, mempunyai rumah sendiri, mempunyai kendaraan pribadi, bisa menunaikan ibadah haji, menyiapkan biaya pendidikan anak-anaknya, serta menyiapkan dana pensiun di hari tua nanti.

Rencana Keuangan bisa membantu pribadi atau keluarga dalam meraih tujuan hidupnya

Manfaat Perencanaan Keuangan

Manfaat Perncanaan Keuangan from https://i.insider.com
Manfaat yang didapatkan dengan dibuatnya rencana keuangan ini bisa dirasakan dengan adanya “arah dan arti” mengenai pengambilan keputusan finansial pribadi atau keluarga. Dengan melalui proses pengelolaan keuangan ini, pribadi atau keluarga bisa mengerti tentang bagaimana prosedur dari setiap keputusan keuangan yang dibuatnya tersebut akan berdampak ke sektor lain dari totalitas suasana kondisi keuangan dirinya. Apabila dengan cara melihat dari setiap keputusan finansial yang merupakan sebagai fragmen dari suatu keseluruhan, pribadi atau keluarga itu dapat mempertimbangkan mengenai efek dalam waktu singkat dan waktu yang berkesinambungan atas tujuan-tujuan hidupnya itu. Kamu dapat dengan lebih mudah beradaptasi jika terjadi perubahan hidup dan akan merasa lebih aman dikarenakan tujuan-tujuannya itu sudah berada di jalur yang tepat.

Perencanaan keuangan ini bisa dijadikan sebagai alat bantu untuk dapat memenuhi semua kebutuhan-kebutuhan keuangan kamu baik di masa kini dan di masa depan.

Sehingga yang pada akhirnya nanti, pribadi atau keluarga itu berharap dapat meraih tujuan akhir dari prosedur rencana keuangan yakni kebebasan dalam hal finansial (financial freedom), yang bisa juga diartikan: bebas dari lilitan hutang, bisa menyiapkan arus penghasilan dari setiap investasi yang sudah dilakukannya, serta terlindungi secara finansial dari berbagai risiko apa pun juga yang kemungkinan bisa terjadi di kemudian hari.

Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan Keuangan

Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan Keuangan
Faktor yang mempengaruhi perencanaan keuangan from https://www.slidegeeks.com
Dalam proses penyusunan perencanaan keuangan, pribadi atau keluarga itu tentu akan dipengaruhi dengan kondisi kehidupan (live event) yang pada saat tersebut sedang dialami sehingga dengan sebab itu maka perencanaan keuangannya juga akan bersifat lebih spesifik. Perencanaan keuangan yang terjadi merupakan suatu prosedur yang kontinu dan memiliki sifat yang dinamis. Hingga pada suatu saat nanti, rencana tersebut kemungkinan akan memerlukan suatu penyesuaian-penyesuaian lebih lanjut lagi.

Berikut ini yang merupakan beberapa keadaan atau peristiwa yang bisa mempengaruhi penyesuaian perencanaan keuangan pribadi atau keluarga:

  • Status pernikahannya (belum kawin atau sudah kawin)
  • Status pekerjaan (telah mempunyai pekerjaan yang tetap atau belum)
  • Umurnya (Usianya yang makin bertambah)
  • Keadaan keluarganya (jumlah elemen keluarga yang menjadi tanggung jawab)
  • Status perekonomian nasional (kemudahan untuk mencari mata pencaharian dan nafkah)
  • Jenjang pendidikannya (jenjang pendidikan juga bisa mempengaruhi penghasilan), dan
  • Perihal kesehatannya (dapat mempengaruhi beban dan kelangsungan dari penghasilan).

Perubahan terhadap salah satu atau beberapa kejadian tersebut di atas bisa sangat  mempengaruhi terhadap perencanaan keuangan yang telah disusun pribadi atau keluarga tersebut. Sehingga acap kali program perencanaan keuangan pribadi atau keluarga itu harus dapat diatur kembali dengan penyesuaian kondisi yang terjadi (bersifat dinamis).

Penutup

Demikian uraian mengenai arti, manfaat dan faktor dalam pembuatan perencanaan keuangan yang bisa disampaikan. Semoga setelah memahami artikel ini kamu bisa mengaplikasikannya sendiri ketika akan melaksanakan pembuatan perencanaan keuangan kamu.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tinggalkan komentar, saran dan kritik kamu di sini. Terima kasih !